You are here: Home > Uncategorized > Machine Learning

Machine Learning

machine-learning-is-computers-learning-from-example

Machine learning adalah bagaimana sebuah mesin belajar dari pengalaman. Mesin tersebut akan terus belajar dari sebuah data yang benar atau pun salah. Nah bagaimana cara nya, ada beberapa hal yang dapat dipelajari untuk memahami machine learning, Yaitu :

  1. Pembelajaran Terarah (Supervised Learning) : correct answer for each example
  2. Pembelajaran Tak Terarah (Unsupervised Learning) : correct answer not given
  3. Reinforcement Learning : occasional rewards

Machine learning sudah diterapkan ke beberapa bidang untuk kehidupan sehari-hari manusia. Misalnya penerjemah Bahasa online, dimana mesin penerjemah akan menerjemahkan kata-kata dari Bahasa yang sudah dipelajari ke Bahasa yang diinginkan dan pastinya juga sudah ada datanya. Data-data tersebut dipelajari oleh mesin penerjemah, lalu apabila ada beberapa kata yang belum di data oleh mesin tersebut maka kata yang baru itu akan masuk kedalam data si mesin dam mesin akan mempelajari nya. Agar mesin tersebut bertambah pintar.

Menurut saya, dengan adanya machine learning dan AI dapat membantu kehidupan manusia menjadi lebih mudah. Dan membantu perkembangan zaman menjadi lebih modern dengan bertambah canggih nya manusia sebagai pembuat algortihm nya dan mesin bertambah canggih dengan algorithm yang dijalankan nya.

Ide aplikasi misalnya pendeteksi hujan yang benar-benar akurat untuk ibu rumah tangga, yang dapat dimiliki tiap rumah, karena ibu rumah tangga biasanya akan menjemur baju di bawah matahari langsung agar cepat kering, tetapi karena hujan yang kadang tidak terdeteksi dan turun tiba-tiba membuat baju menjadi basah kehujanan karena telat mengetahui akan datangnya hujan. Lalu dalam alat tersebut juga ada payung atau penghalang yang akan membuka otomatis seandainya terdeteksi hujan, karena penghuni rumah yang tidak ada di rumah dan tidak sempat mengangkat baju nya, untuk sementara diteduhi dengan penghalang tersebut.

Odd Semester 2016/2017

School of Computer Science, Bina Nusantara University

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply