You are here: Home > Uncategorized > FEP GO

FEP GO

Dimulai dari tanggal 10 Agustus 2015 saya mengikuti FEP (Freshmen Enrichment Program), apasih FEP itu? FEP adalah suatu program orientasi untuk menyambut sekaligus mempersiapkan mahasiswa baru agar dapat mengikuti sistem pendidikan di perguruan tinggi yang sangat jauh berbeda dengan sistem pendidikan di sekolah menengah.

Hello! Welcome to My Blog. Yup ini adalah blog Saya sebagai Binusian, Dalam blog ini saya akan menceritakan pengalaman Selama menjalani FEP. Sebelumnya, perkenalkan nama Saya Dewi Yulita, dipanggil Lita.

Di BINUS ada yang namanya FEP, apa itu FEP? FEP adalah Freshmen Enrichment Program, salah satu program orientasi untuk menyambut seklaigus mempersiapkan mahasiwa baru agar dapt mengikuti system pendidikan di perguruan tinggi yang sangat berbeda dengan system pendidikan di sekolah menengah.

FEP dibagi menjadi 3, GO (General Orientation), AO (Academic Orientation), Campus Life Orientation. Dan yang akan saya ceritakan adalah FEP tahap GO.

Hari pertama,

10 Agustus 2015 adalah kegiatan briefing. Di runag L3D, sebelum nya Saya janjian terlebuh dahulu dnegan teman-teman sejurusan yang sebelumnya sudah bertemu melalui group line. Saya tiba pukul 7 padahal briefing dimulai pukul 8, sehingga Saya menunggu sekitar 1 jam. Saya bertemu dengan Galuh, Dewi, Rissa, dan Valen untuk perrama kali nya, kami pun berkenalan satu sama lain. Setelah itu kami menunggu instruksi dari para bc dan duduk di sekitar tangga Syahdan.

Setelah itu kami langsung pergi ke ruangan L3D dan ternyata sudah ramai dengan teman-teman sejurusan dan para bc yang sudah berdiri di depan kelas.

Saya dan teman-teman duduk di kursi paling depan pojok kiri tepat di bawah ac. Meskipun sudah ac ruangan itu terasa panas karena banyak nya maba yang hadir.

Di ruangan L3D ini kami mendapatkan penjelasan daripada bc akan apa yang kami lakukan seminggu kedepan, yang disebut FEP (Freshmen Enrichment Program) dan singkatan BC (Buddy Coordinator), BC adalah Cici dan Koko serta Kaka yang akan membimbing kami selama FEP berlangsung. Para bc mengenal dirinya masing-masing, ada sekitar 20 bc kalau saya tidak salah ingat, 5 bc perempuan dan 15 bc laki-laki. Dan ternyata, kelas kami adalah kelas yang memiliki bc terbanyak jika dibandingkan dengan batch dan kelas lain.

BC laki-laki ada ko Rican, ko Marvin, ko Marcelloius, ko Marcelino, ko Jonathan, ko Kelvin, ko Adrian, ka Ihsan, ko Christ, ko Andrew, ka Najib, ko kelly, ko Joseph, ko Mike, ko Martinus, BC perempuan ada ka Maria, ci Tiffany, ka Cincin, ci Stella, dan ka Ryza.

Setelah perkenalan para bc dilanjutkan dengan perkenalan maba-nya, mulai dari nama, asal, dan hobi. Dari perkenalan tersebut Saya dapat menyimpulkan, bahwa teman-teman saya ada banyak juga yang dari luar daerah bahkan ada yang dari Jayapura, dan kebanyakkan dari Sumatera.

Dilanjutkan denga menyanyikan yel-yel binusian dan binus, dan kami diwajibkan untuk menghafalnya, yang membimbing adalah ko Kelvin dan ko Adrian, lalu yel-yel para bc artist yang dipimpin oleh ko Mike, ko Mike adalah salah satu bc artist lho. Kemudian pemilihan komti dan wakomti, calon-calon nya saat itu adalah, Valen, Edward, Saputra, dan Ryza. Dan yang akhirnya terpilih adalah Edward sebagai Komti dan Saputra sebagai Wakomti. Selanjutnya kami bermain games yang bertujuan agar kami para maba bisa saling mengenal satu sama lain nya.

Pukul setengah satu kami para muslim melaksanakan sholat dzuhur dan dibimbing oleh ka Maria serta ka Ryza untuk perempuan nya, dan ka Ihsan untuk Laki-lakinya. Setiap kami harus keluar dari ruangan kamj diwajibkan untuk menitipkan flazz card kami. Usai sholat kami kembali duduk dan mendapatkan flazz card kami kembali dan mendapatkan bebepara materi dari ko Marvin. Pukul detengah 2 ki pulang kerumah masing-masing.

Hari kedua FEP,

Pukul 8 di Anggrek, kami sudah tidak ke Syahdan lagi, tapi kegiatan FEP kami akan berlangsung di Anggrek, karena untuk jurusan Teknik Informatika memang lebih banyak di Anggrek dan kami menggunakan seragam putih-hitam selama 5 hari. Hari kedua ini merupakan binus journey, kami diberikan materi tentang peraturan yang ada di Binus dengan pembawa materi adalah salah satu bc. Dan saat akan pulang kami disarankan agar membuat yel-yel untuk kelompok kami, yaitu CBN05.

Hari ketiga FEP,

Pukul 11 kami duduk berkumpul di balkon membuat sebuah lingjaran mendiskusikan yel-yel kami, dan beruntungnya Ryza berantusias dan sudah membuatkan lirik lagu dengan backsound nya gummy bear, kami pun berlatih dan menghafal yel-yel yang sudah Ryza sarankan dan mendiskusikan properti apa yang akan digunakan. Siangnya kami pergi ke lab untuk materi binus maya, dengan oembawa materi ka Najib, kami di jelaskan apa saja aplikasi yang ada di binus maya dan fungsi binus maya itu tersendiri, dan kami diwajibkan untuk mengganti password bimay tersebut.

Hari keempat FEP,

Pukul 8 kami berada di dalam kelas lagi dan seperti biasa mendengarkan materi serta diselingi games. Dan hari keempat ini adalah hari yang menyenangkan, karena kami pergi ke Auditorium untuk menyaksikan BUNGA RAMPAI, apa itu bunga rampai? Bunga rampai adalah penampilan dari setiap UKM, penampilan yang bertujuan agar para maba tertarik untuk mengikuti salah satu UKM yang ada di BINUS, kami dibolehkan memilih lebih daru satu UKM, selama bisa mengatur waktu nya dengan baik dan tidak lupa dengan kewajiban sebagai Mahasiswa yaitu, kuliah.

Hari kelima,

Kami diwajibkan datang pagi-pagi pukul 7 pagi, 15 Agustus 2015 adalah hari terakhir kami FEP GO. Acara pertama adalah kebersamaan dimana kami menampilkan yel-yel yang telah kami latih eama 4 hari belakangan ini bersama teman-teman sekelas. Dilanjutkan dengan EXPO. Apa itu Expo? Expo adalah kegiatan untuk kita memilih UKM dan HMJ yang akan kita ikuti. Kami para binusian jika ingin mengikuti UKM atau HMJ hanya bisa mendaftar setiap EXPO saja, diluar EXPO sudah tidak bisa mendaftar lagi. Sebelum memilih UKM apa yang akan kami pilih, Saya beserta teman-teman, Dewi Galuh, Rissan, dan Valen berkeliling untuk melihat semua UKM dan HMJ dengan pembina ko Jonathan. Pukul 10 kami sudah diperbolehkan untuk mendaftar UKM dan HMJ, HMJ hanya bisa dipilih sesuai dengan jurusan mahasiswa itu sendiri, seperti saya jurusan Teknik Informatika, maka dari itu Saya harus mendaftar di HIMTI. Saya pun mendaftarkan dii di HIMTI, TFI dan CSC serta MT.

Pukul 1 kami sudah selesai memilih UKM dan berfoto-foto untuk kenang-kenagan kami selama FEP GO ini.

Berikut beberapa foto CBN05

1440406349065

-SELESAI-

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • Twitter
  • RSS

Leave a Reply